Kokedama menjadi salah satu seni menanam dalam rumah yang kita ulas minggu ini.Bentuknya yang unik, seperti bola bola, membuatnya cocok untuk hiasan di dalam ruangan sembari melakukan hobi menanam.

Kokedama berasal Jepang, yang artinya moss ball atau bola lumut. Kokedama merupakan seni dari Jepang dalam menanam tanaman tanpa menggunakan pot, melainkan dengan tanah, gambut, dan tali. 

Cara menyiraminya pun agak unik. Tidak perlu setiap hari. Cukup dicelupkan ke dalam air atau disemprot smpai terlihat basah. Tanaman yang digunakan untuknya cukup beragam, seperti tanaman Sansivieria atau Lidah Mertua, Kaktus, Tanduk Rusa, Calathea, Lidah Buaya, English Ivy.

Kokedama, Toko Bunga, Musim Semi
photo source : pixabay

Kokedama sangatlah cocok untuk mempercantik ruangan. Manfaat lainnya. tanaman Sansivieria atau lidah mertua, atau kalau Bahasa Inggrisnya namanya Snake Plants. Sansivieria ini berperan sebagai Air Purifier, atau membersihkan udara dengan menyerap racun (polutan) berbahaya di udara dan menetralisir polutan dari udara. Tanaman ini gak usah dikeluarin kalau malam, karena malam hari pun tanaman ini mengeluarkan oksigen.

Banyak yang berasumsi tidur dekat tanaman tidak baik bagi tubuh karena akan berebut oksigen di udara. Namun, beberapa tanaman seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, dan palem kuning justru mengubah karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen di malam hari yang membuat tidur kamu lebih lelap. Beberapa tanaman lain seperti melati, lavender, dan gardenia bisa membantu tidur kamu lebih pulas bila diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan yang bisa membuat pikiran kamu relaks. 

Cara membuatnya cukup mudah :
1. Kalian perlu mencampurkan tanah, kompos dan pupuk serta ditambah sedikit air untuk membentuk tekstur tanah
2. Ambil tanaman yang ingin dibuat Kokedama. Bersihkan tanaman dari tanah-tanah yang menempel dari tanaman.
3. Bentuk bola bola tanah, kemudian lubangi ditengahnya untuk tanaman kokedama
4. Balut bola bola tanah menggunakan moss/lumut
5. Ikat menggunakan tali rami melingkari bola lumut tadi

Kalau kalian kesulitan menemukan moss atau lumut, boleh menggunakan serabut kelapa sebagai gantinya. Serabut kelapa yang ingin digunakan harus dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu.
Nah, untuk perawatan, kalian cuman perlu menyemprotkan air agar tanaman tetap lembab. Letakkan juga di tempat tempat yg terkena cahaya matahari.

Selamat mempercantik ruangan kamu ya 😉


Ditulis oleh: Fuad Hasan
(Penulis tetap di urbantani.id)


Baca tulisan lainnya di rubrik Seni Menanam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *