“Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi”

Begitu kira-kira ungkapan yang sudah sering kita dengar bagi kebanyakan orang Indonesia. Nasi (meski bukan satu-satunya) menjadi makanan pokok yang sangat populer dan menu yang selalu ada di setiap jam makan.
Tapi tahukah kamu, bahwa memasak nasi ternyata tidak hanya punya satu cara saja? Berikut Urbantani.id rangkumkan untuk kamu.

Baru-baru ini, sebuah video dari akun youtube Nigel Ng berjudul “Uncle Roger DISGUSTED by this Egg Fried Rice Video (BBC Food)” telah banyak dibagikan. Pasalnya, karakter Uncle Roger yang diperankan creator asal Malaysia itu menuai perhatian khalayak saat membuat video reaction terhadap konten BBC Food yang menampilkan bagaimana cara memasak nasi goreng telur. Ada banyak sekali perbedaan memasak nasi goreng antara standar orang asia dan nasi goreng yang dibuat oleh sang pembawa acara di BBC Food. Teknik memasak yang paling disoroti adalah bagaimana pembawa acara menanak nasi tidak sampai sat kemudian sisa airnya dibuang dengan menggunakan peniris, lalu nasi disirami air agar tidak lengket.

Di Asia, teknik menanak nasi seperti itu sangat tidak umum ditemui, namun di Inggris hal tersebut merupakan lumrah. Teknik ini biasa lebih sering digunakan pada saat membuat pasta. Di eropa, nasi bukan merupakan makanan pokok, melainkan pasta. Sehingga cara menanak nasi disana benyak menggunakan metode seperti membuat pasta atau disebut sebagai stovetop pasta method.

Selain itu, ada juga loh berbagai metode lain untuk membuat sajian makanan dari beras ini. Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

cara memasak nasi
photo by Matthew Lakeland via unsplash

Metode Absorpsi
Metode ini adalah yang paling umum digunakan untuk menanak nasi. Dengan cara mencampurkan beras yang telah di cuci dengan air. Perbandingan air disini tergantung pada kualitas beras. Semakin tua beras, semakin kering maka semakin banyak air yang diperlukan untuk membuat nasi yang pulen. Masak beras sampai semua air terserap. Kemudian pindahkan ke pengukusan. Jika kamu menggunakan rice cooker, maka kamu hanya perlu membiarkan rice cookernya berhenti memasak.

Metode Pasta
Seperti yang disebutkan sebelumnya. Memasak nasi menggunakan metode ini dimulai dengan mencampurkan beras dan air tanpa ukuran yang jelas. Isi panci dengan air secukupnya. Didihkan. Gunakan api kecil untuk memasaknya sampai mendidih. Ketika nasi dirasa sudah masak sesuai keinginan kamu, matikan api dan saring dengan menggunakan peniris.

Metode Microwave
Memasak nasi menggunakan metode ini cukup tricky. Sebab, setiap microwave memiliki gelombang yang berbeda-beda. Kamu perlu mencobanya di microwavemu sendiri untuk takaran yang pas. Campurkan beras dan air dalam wadah yang aman untuk microwave. Tutupi dan masak microwave dengan panas kecil. Periksa setiap 5 menit dan aduk. Setelah nasi dimasak sesuai dengan tekstur yang kamu ingini, biarkan tutupnya selama 5 menit, lalu aduk dengan garpu dan sajikan.

Bubur
Membuat bubur nasi dapat dilakukan dengan menambahkan air ekstra saat merebus nasi, sehingga nasi yang sudah matang akan hancur dan hasilnya sangat lunak. Tekstur bubur yang lembut ini menjadi makanan yang cocok dikonsumsi untuk membantu bayi yang belum mempunyai gigi, atau orang dengan lanjut usia.

Goreng dengan minyak atau lemak sebelum direbus
Metode ini digunakan saat membuat hidangan seperti risotto, paella, nasi safron, nasi Spanyol / Meksiko, pilaf atau biryani. Umumnya untuk hidangan ini, nasi mentah digoreng dengan bumbu-bumbu pilihan dan / atau bahan lain untuk hidangan (daging, seafood, sayuran), sebelum menambahkan jumlah air yang tepat dan kemudian dimasak.

Nasi Terkompresi
Ini adalah metode lain yang melibatkan proses pendidihan dan pengukusan. Nasi terkompresi atau yang populer sebagai lontong atau ketupat dimasak dengan cara beras mentah atau setengah matang ditempatkan dalam anyaman daun kelapa, kantong, atau silinder daun pisang. Ketika dimasak, nasi akan membentuk massa padat yang telah dikompres oleh wadah tersebut. Lontong juga bisa diisi dengan berbagai isian seperti sayuran atau daging.

Apakah kamu mengetahuui metode lainnya? Share di kolom komen ya!

Referensi:
-Video youtube mrnigelng
-http://ricepedia.org/ dalam artikel berjudul “Cooking Methods”
-The Asian Grandmothers Cookbook, Patricia Tanumihardja dalam artikel “How to cook rice: 3 ways”
-Featured image by Pille-Riin Priske via unsplash


Ditulis oleh: Aliyah Rizky
(Penulis tetap di urbantani.id)


Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *