Menganut gaya hidup minimalis adalah tentang berprinsip untuk tidak mempunyai banyak barang. Praktik minimalism juga dapat kamu temui dalam pengaplikasian tempat tinggal, dimana kamu hanya mempunyai segelintir barang yang hanya diperlukan saja, bukan berdasarkan pembelanjaan yang impulsif. Tetapi bagaimana, jika itu membuat tempat tinggalmu menjadi kosong dan hampa? Tenang, menambahkan beberapa tanaman hias di sudut-sudut rumah menjadikan rumah kamu lebih hidup meski tidak mempunyai banyak barang.

Memilih tanaman hias yang bertemakan minimalis adalah dengan menonjolkan kesan yang clean dan sederhana. Tanaman hias berikut ini dapat kamu tempatkan baik di dalam maupun di luar rumah untuk menciptakan kesan harmoni dengan alam.

Kaktus
Kaktus merupakan tanaman ideal untuk rumah minimalis karena tanaman kaktus mempunyai banyak sekali jenis yang sangat indah. Kaktus mudah dirawat karena tidak memerlukan penyiraman yang berlebihan. Kaktus mudah tumbuh meski di dalam ruangan.

kaktus minimalis
photo by Stephanie Harvey via unsplash

Lidah mertua (Sansiviera)
Kalau sebutan ‘lidah mertua’ tidak terlalu keren, kamu masih bisa menyebutnya dengan nama lain tanaman ini sebagai snake plant atau Sansiviera.
Sansievera menjadi semakin populer sebagai tanaman hias berkat bentuknya yang indah dan sederhana namun sangat mampu untuk dipamerkan ke semua orang. Fakta lainnya adalah Sansiviera dapat dijadikan penyaring debu sehingga menghasilkan udara yang lebih bersih berkatnya.

janda bolong minimalis
photo by freestocks via unsplash

Janda Bolong (Monstera)
Lagi-lagi, kamu masih punya alternatif lain untuk penyebutan tanaman satu ini yang namanya sangat unik. Janda bolong dinamakan juga dengan monstera. Monstera menjadi tanaman hias yang sangat populer saat ini bisa dibilang dialah sang selebritis dari tanaman hias, berkat kepopulerannya harganya cukup mahal. Sebab, ada beberapa jenis monstera yang langka dan susah didapatkan.

Tanaman ini sangat layak untuk kamu miliki. Monstera dapat tumbuh hampir di mana saja di rumahmu. Meski cukup mentolerir di sudut sudut gelap, tetapi mereka tumbuh lebih cepat dan menawan jika ditempatkan di pencahayaan yang baik.

Sirami monstera secukupnya agar tanah tidak terlalu kering.

monstera minimalis
photo by Kara Eads via unsplash

Sukulen
Tanaman sukulen biasanya dijual oleh pedagang yang juga menjual kaktus mini. Apakah kamu selama ini menyadarinya? Sukulen memiliki kelopak seperti daun, organ yang menebal, berdaging, dan membengkak, biasanya untuk menyimpan air di iklim atau kondisi tanah kering. Sementara kaktus tidak mempunyai daun melainkan berbentuk duri meski di dalam tubuh tanaman ini juga difungsikan untuk menyimpan air. Sehingga semua kaktus dapat juga disebut tanaman sukulen. Namun tidak semua sukulen adalah kaktus.

photo by Annie Spratt via unsplash

Bamboo
Tanaman bamboo bisa jadi pilihan lain untuk mengisi sudut sudut rumah. Tanaman bamboo yang dimaksud adalah mereka yang berukuran kecil agar mudah dirawat dan tetap indah. Salah satu jenis tanaman ba,boo bernama lucky bamboo dipercaya membawa keberuntungan. Kamu dapat merawat tanaman ini dengan memberikan pencahayaan, air dan nutrisi yang cukup.

photo by Elton Sipp via unsplash

Ditulis oleh: Aliyah Rizky
(Penulis tetap di urbantani.id)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *